Pro Dan Kontra Pendidikan Online Bagi Warga Dunia

Semakin banyak anak muda memilih pendidikan non-tradisional untuk memulai dan memajukan karir mereka sambil menyelesaikan dan melanjutkan pendidikan formal mereka. “Pelajar jarak jauh biasanya adalah mereka yang tidak memiliki akses ke program, karyawan yang bekerja selama jam pelajaran yang dijadwalkan, individu yang tinggal di rumah, individu yang memiliki motivasi diri yang ingin mengambil kursus untuk pengetahuan atau kemajuan diri, atau mereka yang tidak mampu atau tidak mau menghadiri kelas “(Charp, 2000, hlm. 10). Tiga elemen kunci mengelilingi pelajar online: teknologi, kurikulum, dan instruktur (Bedore, Bedore, & Bedore, 1997). Elemen-elemen ini harus diintegrasikan dengan baik ke dalam satu alat pengiriman yang berfungsi dengan lancar dan operasional.

Meskipun metode pendidikan online dapat menjadi media alternatif pendidikan yang sangat efektif untuk siswa yang matang dan berdisiplin diri, metode ini merupakan lingkungan belajar yang tidak sesuai untuk siswa yang lebih bergantung. Pendidikan asinkron online memberi siswa kendali atas pengalaman belajar mereka, dan memungkinkan fleksibilitas jadwal belajar untuk siswa non-tradisional; Namun, ini menempatkan tanggung jawab yang lebih besar pada siswa. Agar berhasil berpartisipasi dalam program online, siswa harus terorganisir dengan baik, memiliki motivasi diri, dan memiliki keterampilan manajemen waktu tingkat tinggi agar dapat mengikuti kecepatan kursus. Untuk alasan ini, pendidikan online atau e-learning tidak sesuai untuk siswa yang lebih muda (yaitu usia sekolah dasar atau menengah), dan siswa lain yang merupakan pembelajar yang bergantung dan mengalami kesulitan
dengan asumsi tanggung jawab yang dibutuhkan oleh paradigma online.

Jutaan siswa menggunakan solusi e-learning academia.co.id di lebih dari 140 negara: perusahaan seperti Kodak dan Toyota dan penyedia pendidikan seperti ExecuTrain, New Horizons, Enoch Olinga College (ENOCIS), Phoenix University di antara ratusan sekolah dan perguruan tinggi.

Penelitian telah menunjukkan retensi siswa hingga 250% lebih baik dengan pembelajaran online dibandingkan dengan kursus kelas. Beberapa yang terbaru telah membantu membingkai perdebatan. The Sloan Consortium menerbitkan laporan yang didistribusikan secara luas berjudul “Growing by Degrees: Online Education in the United States in 2005” yang meneliti peningkatan prevalensi pendidikan online di seluruh institusi AS.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh perusahaan konsultan Eduventures yang berbasis di Boston menemukan bahwa, sementara sekitar setengah dari institusi dan lebih dari 60 persen pemberi kerja umumnya menerima pembelajaran online berkualitas tinggi, persepsi siswa berbeda. Hanya sekitar 33 persen calon siswa online mengatakan bahwa mereka memandang kualitas pendidikan online “sama baiknya atau lebih baik dari” pendidikan tatap muka. Ironisnya, 36 persen calon siswa yang disurvei menyebutkan kekhawatiran tentang penerimaan pemberi kerja terhadap pendidikan online sebagai alasan keengganan mereka untuk mendaftar di kursus online.

Tapi apa sebenarnya yang mendorong kualitas? Laporan bulan Maret 2006 yang dirilis oleh Kantor Pendidikan Pasca Sekolah Menengah Departemen Pendidikan AS mengidentifikasi enam indikator kualitas: misi, kurikulum dan pengajaran, dukungan fakultas, layanan mahasiswa dan akademik, perencanaan untuk keberlanjutan dan pertumbuhan, serta evaluasi dan penilaian.

Perdebatan terus berlangsung sementara Pro dan Kontra Pendidikan Dewasa Online untuk siswa internasional saat ini terus dianalisis untuk menentukan apakah jenis platform pendidikan ini dapat memberikan hasil yang dapat diprediksi dan diukur.

The Enoch Olinga College (ENOCIS) adalah salah satu institusi yang menggunakan jenis sistem pengiriman ini. ENOCIS meningkatkan pengalaman belajar mereka dengan menawarkan banyak “nilai tambah” lainnya, manfaat pengurangan biaya bagi siswa. Murid daring dapat mengajukan permohonan beasiswa yang tersedia bagi siswa berprestasi dan program bantuan keuangan lainnya seperti Pinjaman Orang Tua untuk Mahasiswa Sarjana (PLUS), dengan suku bunga yang menarik. Mereka juga menyediakan fasilitas pembayaran yang nyaman, perbankan online, Western Union Quick Collect, kartu bank, dan siswa yang diberi pinjaman dapat mulai melunasinya setelah dua bulan jika mereka memiliki penjamin perusahaan.

Kelebihan Pendidikan Online:

Keuntungan utama dari pengalaman pendidikan online dijelaskan secara singkat di bawah ini:

1. Lebih murah: Kursus online mungkin lebih terjangkau daripada yang ditawarkan di perguruan tinggi atau sekolah perdagangan. Anda juga dapat menghemat biaya transportasi seperti bensin, tiket bus, dan izin parkir karena Anda tidak perlu pergi ke sekolah dan tidak ada rencana perumahan atau makan yang perlu dikhawatirkan karena Anda tidak perlu tinggal di dalam atau di dekat kampus. . Biaya perumahan dan biaya lain yang terkait dengan biaya hidup biasanya merupakan aspek paling mahal dari pendidikan perguruan tinggi, jadi dengan mengambil kursus online Anda dapat menghemat cukup banyak uang.

Bagian terbaik dari pendidikan online adalah tidak adanya masalah perjalanan dan imigrasi. Beberapa siswa mungkin memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan tradisional di kampus, karena ini melibatkan perjalanan untuk menghadiri kuliah. Dengan pendidikan online, pelamar tidak perlu melakukan perjalanan. Kursus hanya perlu mengakses internet untuk memulai proses pembelajaran.

2. Lebih Nyaman: Dengan mengambil kursus online, Anda dapat memutuskan kapan dan untuk berapa lama. Anda juga dapat menjadwalkan pembelajaran Anda di sekitar pekerjaan atau jadwal sosial Anda.

Karena Anda tidak terikat ke ruang kelas, Anda dapat melakukan pekerjaan Anda di mana pun Anda memiliki akses ke komputer dan internet. Anda akan dapat mengatur kecepatan Anda sendiri dan memutuskan dengan tepat seberapa cepat Anda ingin membahas materi.

Ikuti kursus online saat Anda membutuhkannya, bukan berdasarkan jadwal tahunan atau semester di perguruan tinggi. Anda dapat mempelajarinya saat Anda membutuhkannya (Just-In-Time) Kursus sedekat mungkin dengan komputer dengan koneksi Internet.

Baca Juga: Rumah Ubah Sampah

3. Fleksibilitas: tanpa waktu kelas yang ditetapkan, Anda memutuskan kapan akan menyelesaikan tugas dan bacaan Anda. Anda mengatur kecepatan. Di beberapa program, Anda bahkan dapat merancang rencana gelar Anda sendiri. Siswa online dapat melakukan pekerjaan pribadi atau resmi mereka, bersama dengan pendidikan online. Karena memberikan kemudahan fleksibilitas waktu, siswa dapat login dan logout sesuai keinginannya sedangkan pendidikan tradisional tidak memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran.

Fleksibilitas pendidikan online memungkinkan siswa mengontrol studi mereka. Mereka dapat mengalokasikan lebih banyak waktu dalam topik, yang menurut mereka relatif sulit dan sebaliknya. Kecepatan belajar hanya bergantung pada siswa.

4. Teknologi: Dengan bantuan teknologi ilmiah, siswa dapat melakukan pendidikan online di mana saja. Satu-satunya prasyarat wajib adalah ketersediaan komputer bersama dengan fasilitas internet. Manfaat tambahannya termasuk mempelajari teknologi baru dan keterampilan teknis

5. Ketersediaan: peluang pembelajaran jarak jauh telah meledak selama beberapa tahun terakhir, dengan banyak program terakreditasi dan terkemuka.

6. Aksesibilitas: dengan kursus online, Anda dapat mengerjakan kursus di mana saja Anda memiliki akses komputer. Pilihan belajar Anda tidak dibatasi oleh lokasi geografis Anda. Ruang kelas virtual baru telah menciptakan banyak sekali peluang belajar untuk pusat pembelajaran dan pendidikan global. Pendidikan online adalah pengalaman era baru yang beradaptasi dengan kebutuhan warga dunia.

7. Mengarahkan Diri Sendiri: Anda mengatur kecepatan dan jadwal Anda sendiri, sehingga Anda mengontrol lingkungan belajar.

8. Waktu yang Dihabiskan di Kelas: sekarang Anda dapat mengikuti kursus tentang subjek apa pun tanpa harus berada di dalam, atau bepergian ke, ruang kelas sehingga Anda memiliki sedikit waktu yang terbuang. Perhatikan, bagaimanapun, bahwa beberapa program pendidikan jarak jauh masih memiliki komponen dalam kelas dan biasanya untuk menerima gelar universitas AS yang terakreditasi penuh, seorang siswa internasional harus menghabiskan satu atau dua semester di kampus.

9. Dialog Kualitas Tinggi: Dalam struktur diskusi asinkron online, pelajar dapat dengan hati-hati merefleksikan setiap komentar dari orang lain sebelum menanggapi atau beralih ke item berikutnya. Struktur ini memungkinkan siswa waktu untuk mengartikulasikan tanggapan dengan lebih mendalam dan pemikiran ke depan daripada dalam situasi diskusi tatap muka tradisional di mana peserta harus menganalisis komentar orang lain di tempat dan merumuskan tanggapan atau kehilangan kesempatan untuk berkontribusi pada diskusi.

10. Student Centered: Dalam diskusi online, masing-masing siswa menanggapi materi pelajaran (ceramah dan buku kursus, misalnya) dan komentar dari siswa lain. Siswa biasanya menanggapi topik-topik tersebut dalam percakapan yang lebih luas yang paling jelas mengungkapkan kekhawatiran dan situasi masing-masing sehingga menghasilkan beberapa percakapan kecil yang terjadi secara bersamaan di dalam kelompok. Sementara siswa diharapkan membaca semua kontribusi teman sekelas mereka, mereka akan terlibat secara aktif hanya di bagian dialog yang paling relevan dengan kebutuhan mereka. Dengan cara ini, siswa mengendalikan pengalaman belajar mereka sendiri dan menyesuaikan diskusi kelas untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka sendiri. Idealnya, siswa memberikan kontribusi individu mereka sendiri untuk kursus sementara pada saat yang sama mengambil campuran unik informasi yang secara langsung relevan dengan kebutuhan mereka.

11. Level Playing Field: Dalam lingkungan online, pelajar mempertahankan tingkat anonimitas yang cukup tinggi. Faktor-faktor yang membedakan seperti usia, pakaian, penampilan fisik, kecacatan, ras dan jenis kelamin sebagian besar tidak ada. Alih-alih, fokus perhatian jelas pada konten diskusi dan kemampuan individu untuk menanggapi dan berkontribusi secara bijaksana dan cerdas pada materi yang ada.

Pendidikan orang dewasa online dapat menjadi lebih efektif dan lebih baik untuk jenis pembelajar tertentu (pemalu, introvert, reflektif, menantang bahasa, mereka yang membutuhkan lebih banyak waktu). Kursus pendidikan jarak jauh seringkali lebih baik bagi orang yang belajar melalui isyarat visual dan latihan pengalaman.

12. Sinergi: Format online memungkinkan interaksi dinamis tingkat tinggi antara instruktur dan siswa dan di antara siswa itu sendiri. Sumber daya dan ide dibagikan, dan sinergi berkelanjutan akan dihasilkan melalui proses pembelajaran karena setiap individu berkontribusi pada diskusi dan komentar kursus tentang pekerjaan orang lain. Sinergi yang ada di kelas virtual yang berpusat pada siswa adalah salah satu ciri unik dan vital yang dimiliki oleh format pembelajaran online ..

13. Akses ke Sumber Daya: Mudah untuk memasukkan pakar tamu atau siswa terkemuka dari institusi lain ke dalam kelas online serta memungkinkan siswa untuk mengakses sumber daya dan informasi di mana pun di dunia. Seorang instruktur dapat menyusun bagian sumber daya secara online dengan tautan ke artikel ilmiah, institusi, dan materi lain yang relevan dengan topik kursus untuk diakses siswa untuk penelitian, penyuluhan, atau analisis mendalam dari materi konten kursus di kelas global.

14. Pengajaran Kreatif: Literatur pendidikan orang dewasa mendukung penggunaan lingkungan belajar interaktif sebagai kontribusi untuk pengarahan diri sendiri dan pemikiran kritis. Beberapa pendidik telah membuat langkah besar dalam menerapkan konsep-konsep ini pada pengajaran mereka di lapangan. Namun, banyak kelas masih ada yang didasarkan pada perkuliahan yang membosankan dan hafalan materi. Sifat dunia kelas virtual semi-otonom dan mandiri membuat pendekatan pengajaran yang inovatif dan kreatif menjadi lebih penting. Dalam lingkungan online, fasilitator dan siswa berkolaborasi untuk menciptakan pengalaman belajar yang dinamis. Adanya pergeseran teknologi menciptakan harapan bahwa mereka yang beralih ke teknologi baru juga akan meninggalkan kebiasaan buruk dengan mengadopsi paradigma baru dalam mengajar. Saat pengajar mendesain ulang materi kursus agar sesuai dengan format online, mereka harus merefleksikan tujuan kursus dan gaya pengajaran mereka dan menemukan bahwa banyak kualitas yang membuat fasilitator online yang sukses juga sangat efektif di ruang kelas tradisional.

Kontra Pendidikan Online:

Dijelaskan secara singkat beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan Anda secara negatif dengan kursus pembelajaran jarak jauh:

1. Teknologi:

Sebuah. Kesetaraan dan Aksesibilitas ke Teknologi: Sebelum program online apa pun dapat berharap berhasil, program tersebut harus memiliki siswa yang dapat mengakses lingkungan pembelajaran online. Kurangnya akses, apakah itu karena alasan ekonomi atau logistik, akan mengeluarkan siswa yang memenuhi syarat dari kursus. Ini adalah masalah yang signifikan di pedesaan dan lingkungan sosial ekonomi yang lebih rendah dan mendidik masyarakat yang kurang terlayani di dunia. Selain itu, berbicara dari sudut pandang administratif, jika siswa tidak mampu membeli teknologi yang digunakan institusi, mereka akan hilang sebagai pelanggan. Sejauh menyangkut aksesibilitas Internet, ini tidak universal, dan di beberapa wilayah di Amerika Serikat dan negara lain, akses Internet menimbulkan biaya yang signifikan bagi pengguna. Beberapa pengguna membayar tarif bulanan tetap untuk koneksi Internet mereka, sementara yang lain dikenakan biaya untuk waktu yang mereka habiskan secara online. Jika waktu online peserta dibatasi oleh jumlah akses Internet yang mereka mampu, maka pengajaran dan partisipasi dalam program online tidak akan adil untuk semua siswa dalam kursus. Ini adalah batasan program online yang mengandalkan akses Internet. Kesetaraan akses untuk peserta didik dari semua latar belakang dan bagian masyarakat

b. Memerlukan Keterampilan / Teknologi Baru: jika Anda tidak paham komputer atau takut akan perubahan atau teknologi baru, pendidikan online mungkin tidak akan berhasil untuk Anda. Siswa online diharuskan mempelajari keterampilan baru, seperti meneliti dan mengulas internet. Untuk siswa online, mereka perlu mempelajari teknik navigasi di perpustakaan online untuk mendapatkan informasi yang diperlukan. Pelatihan teknis dan dukungan peserta didik dan instruktur

c. Literasi Komputer: Baik siswa maupun fasilitator harus memiliki tingkat pengetahuan komputer minimum agar dapat berfungsi dengan sukses dalam lingkungan online. Misalnya, mereka harus dapat menggunakan berbagai mesin pencari dan nyaman menavigasi di World Wide Web, serta terbiasa dengan Newsgroup, prosedur FTP, dan email. Jika mereka tidak memiliki alat teknologi ini, mereka tidak akan berhasil dalam program online; seorang mahasiswa atau anggota fakultas yang tidak dapat berfungsi pada sistem akan menyeret seluruh program ke bawah.

d. Keterbatasan Teknologi: Teknologi yang ramah pengguna dan andal sangat penting untuk program online yang sukses. Namun, bahkan teknologi tercanggih pun tidak 100% dapat diandalkan. Sayangnya, ini bukan pertanyaan apakah peralatan yang digunakan dalam program online akan gagal, tetapi kapan. Ketika semuanya berjalan lancar, teknologi dimaksudkan untuk menjadi low profile dan digunakan sebagai alat dalam proses pembelajaran. Namun, kerusakan dapat terjadi kapan saja di sepanjang sistem, misalnya, server yang menjadi tuan rumah program dapat macet dan memutuskan semua peserta dari kelas; seorang peserta dapat mengakses kelas melalui komputer jaringan yang bisa mati; PC individu dapat memiliki banyak masalah yang dapat membatasi akses siswa; akhirnya, koneksi Internet bisa gagal, atau institusi yang menghosting koneksi bisa macet dengan pengguna dan bisa melambat, atau gagal semuanya. Dalam situasi seperti ini, teknologinya tidak mulus atau tidak dapat diandalkan dan dapat mengurangi pengalaman belajar.

2. Institusi: Banyak fasilitas pendidikan online yang relatif baru dengan banyak kursus dan karenanya, kekurangan instruktur modern untuk mengajar kurikulum baru. Perkiraan menunjukkan bahwa masih diperlukan peningkatan lebih dari 50% instruktur yang memenuhi syarat untuk pendidikan online.

b. Administrasi dan Fakultas: Beberapa lingkungan mengganggu keberhasilan implementasi program online. Administrator dan / atau anggota fakultas yang tidak nyaman dengan perubahan dan bekerja dengan teknologi atau merasa bahwa program online tidak dapat menawarkan pendidikan yang berkualitas seringkali menghambat proses implementasi. Orang-orang ini menunjukkan kelemahan yang cukup besar dalam program online karena mereka dapat menghambat keberhasilannya.

3. Fasilitator: Kurangnya Kualitas Daring yang Penting: Pengajaran di lapangan yang sukses tidak selalu berarti pengajaran daring yang berhasil. Jika fasilitator tidak dilatih dengan benar dalam penyampaian dan metodologi online, keberhasilan program online akan terganggu. Seorang instruktur harus mampu berkomunikasi dengan baik secara tertulis dan dalam bahasa yang digunakan kursus tersebut. Program online akan melemah jika fasilitatornya tidak cukup siap untuk berfungsi di kelas virtual.

4. Persepsi / Reputasi: sementara perlahan berubah karena semakin banyak perguruan tinggi dan universitas arus utama yang merangkul pembelajaran jarak jauh, masih ada stigma yang melekat pada pendidikan jarak jauh untuk interaksi siswa dalam pendidikan online. Beberapa siswa percaya bahwa, hanya ada sedikit peluang yang berkaitan dengan interaksi tatap muka dan umpan balik.

5. Tanpa Waktu Bertatap Muka Instruktur: Jika gaya belajar Anda adalah gaya di mana Anda menyukai perhatian pribadi dari guru Anda, maka pendidikan online mungkin tidak akan berhasil untuk Anda.

6. Sedikit Dukungan: siswa diharapkan menemukan sumber daya mereka sendiri untuk menyelesaikan tugas dan ujian, yang memberdayakan beberapa orang, tetapi menakutkan bagi orang lain.

Ada sedikit dukungan dan pedoman terbatas yang disediakan dalam sistem pendidikan online. Siswa online diharuskan untuk mencari sesuai imajinasi mereka sendiri untuk menyelesaikan ujian dan tugas.

7. Kurang Interaksi Sosial: walaupun Anda sering berinteraksi dengan teman sekelas melalui email, ruang obrolan, atau grup diskusi, tidak ada pesta atau pertemuan off line.
Jika Anda senang bertemu orang baru dan belajar lebih baik saat berinteraksi dengan orang lain, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali pendidikan online.

8. Tanpa Suasana Kampus: bagian dari pengalaman perguruan tinggi tradisional, tentu saja, adalah keindahan kampus, semangat perguruan tinggi, tetapi Anda tidak memilikinya dengan kursus pendidikan jarak jauh.

Karena Anda tidak berada di kampus atau di kelas, Anda mungkin kekurangan kesempatan untuk bertemu dengan siswa lain. Anda tidak akan memiliki banyak kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan profesor Anda, jadi mereka mungkin tidak memiliki pemahaman yang sebenarnya tentang siapa Anda sebagai pribadi.

9. Meluangkan Waktu: jika Anda seorang yang suka menunda-nunda atau salah satu dari orang-orang yang selalu membutuhkan dorongan ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan, Anda mungkin kesulitan meluangkan waktu untuk kelas online Anda. Pembelajaran online membutuhkan keterampilan dan tanggung jawab baru dari peserta didik

10. Kejujuran akademik siswa online: membutuhkan pola pikir baru untuk penilaian online. Sebagian besar pakar pendidikan setuju bahwa pengujian memori hafalan bukanlah ukuran pembelajaran terbaik di lingkungan mana pun dan alat pengukuran dan evaluasi baru sedang berkembang.

11. Jenis dan efektivitas penilaian: Pentingnya hasil dalam pembelajaran online tidak bisa terlalu ditekankan. Apakah program tersebut memiliki hasil yang dapat diukur? Apakah siswa mempelajari apa yang Anda katakan seharusnya mereka pelajari? Lalu ada keluaran kelembagaan: tingkat penyelesaian kursus, tingkat penempatan kerja (jika itu tujuan lembaga), tingkat kelulusan, keberhasilan siswa dalam tes pihak ketiga, dan skor kepuasan siswa.

Faktor-faktor ini, baik pro dan kontranya, sangat berkontribusi untuk membuat keputusan yang tepat tentang arah jalur karier Anda dan bagaimana Anda akan mencapai tujuan Anda: secara online, di kelas atau kombinasi keduanya.

Institusi dan perusahaan yang menggunakan pendidikan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan mereka juga menghadapi keputusan serupa. Institusi yang menyelenggarakan pendidikan online dihadapkan pada serangkaian tantangan, termasuk pencarian fakultas yang baik, penggunaan teknologi, dan penyediaan layanan mahasiswa yang memadai.

Laporan Konsorsium Sloan “Berkembang menurut Derajat: Pendidikan Online di Amerika Serikat pada tahun 2005” menemukan bahwa 64 persen kepala staf akademik dan fakultas percaya bahwa dibutuhkan lebih banyak disiplin bagi siswa untuk berhasil dalam kursus online daripada dalam menghadapi- tentu saja tatap muka.

Semakin banyak bisnis dan industri besar beralih ke pendidikan berkelanjutan online sebagai sumber daya yang layak dan hemat biaya untuk melatih personelnya. Hilton Hotel memiliki 380 hotel di seluruh dunia dan diwakili di 66 negara.

Ketika Anda menimbang manfaat dan keuntungan dari pendidikan berkelanjutan bagi orang dewasa secara online, biaya studi dan fleksibilitas tip penjadwalan, skala program seperti Enoch Olinga College, program pembelajaran jarak jauh Capella dan Universitas Phoenix, pendidikan berkelanjutan bagi orang dewasa online menjadi sangat dihormati di seluruh dunia bentuk pendidikan.

Namun, seperti halnya situasi apa pun, ada pro dan kontra dengan konsep pendidikan online dan manfaat dari ruang kelas virtual atau global. Anda mungkin ingin mengevaluasi keduanya sebelum Anda memutuskan program pendidikan online. Dengan memeriksa keuntungan dan kerugian, Anda akan dapat membuat keputusan yang lebih tepat. Namun, pada akhirnya, pembelajaran online adalah pembelajaran mandiri. Banyak struktur telah dimasukkan ke dalam program online, tetapi masih tergantung pada pelajar yang duduk di depan komputer oleh dirinya sendiri. Pengetahuan yang Anda terima atau manfaat yang akan dihasilkannya baik dalam pengembangan harga diri atau peningkatan kapasitas penghasilan akan bergantung sepenuhnya pada Anda sebagai siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *